Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#KonsultasiSyariah | Bolehkah Jual Beli Ala BMT

Konsultasi Syariah | Baitul Mal Wa Tsmwil (BMT) adalah salah satu usaha perbankan yang ada di masyarakat. Tujuan BMT adalah untukm meningkatkan nilai ekonomi pengusaha kecil dan masyarakat bawah.
Jual beli ala bmt

BMT memeiliki metode sendiri untuk mencapai tujuannya. Dengan metode administrasi yang mudah dan sederhana, BMT memiliki nasabah yang tak sedikit. Berikut Kami contohkan salah satu cara transaksi yang ditawarkan oleh BMT;

Ada seorang desa yang memiliki banyak hewan ternak. Pada suatu saat ketika para hewan membutuhkan makanan seorang desa tersebut belum memiliki uang untuk membeli pakan ternak. Semisal harga pakan per satu sak adalah 100.000. dan dia berkehendak untuk membeli 20 sak. Maka ia memutuskan untuk meminjam  pada bank BMT sebesar 2 juta.

Orang desa: Saya Pinjam uang sebesar Rp. 2.000.000 untuk membeli pakan ternak 20 sak.
BMT: Bapak gak perlu hutang, ini Kami punya uang 2 juta, tolong bapak belikan pakan, nanti setelah pakan terbeli, Kami akan jual 20 sak itu pada bapak seharga 2,5 juta. Gimana?

Karena dalam kondisi kepepet, orang desa berkata,

“Oke, Saya setuju”

Pertanyaan: boleh kah transaksi semacam demikian?

Jawaban: Hukum transaksi tersebut tidak sah. Karena pihak BMT menjual sesuatu yakni pakan yang belum dimiliki. BMT juga mewakilkan penjualan pupuk yang juga belum dimiliki. Dan lagi, akan terjadi antara penjual dan pembeli adalah satu orang yakni orang desa.

Nah, demikian informasi yang dapat Kami sampaikan seputar Jual beli Ala BMT. Semoga bermanfaat dunia akhirat. Amin.

Sumber keterangan:

Mughni Al Muhtaj, juz 2, hal 21
Hasiyah al Qulyuby, juz 2, hal 264
Hasiyah al Jamal, juz 3, hal 41
Tuhfath al Muhtaj, Juz 7, hal 39

1 komentar untuk "#KonsultasiSyariah | Bolehkah Jual Beli Ala BMT"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

close
Banner iklan disini