Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#KonsultasiSyariah | Ini Cara Melunasi Hutang yang Tak Jelas Jumlahnya

Konsultasi Syariah | Telah diketahui bahwa orang yang kepepet akan kebutuhan akan menempuh jalan hutang. Hutang piutang adalah salah  satu kebiasaan yang telah menjamur di masyarakat. Transaksi hutang piutang memang ada unsur saling membantu.
cara melunasi hutang tak jelas

Oleh karena itu bagi yang punya kelonggaran hendaknya memberi hutangan pada yang punya kesempitan. Dan hendaknya yang punya hutang agar segera melunasi hutangnya, setidaknya tepat waktu. Jangan sampai offside dari batas yang telah ditentukan.

Kebutuhan hari dan hari memang semakin bertambah. Dan biasanya pemasukan untuk mengimbangi pengeluaran mengalami ketelatan. Dan ini menjadi salah satu faktor orang berhutang. Ada juga karena uangnya ketinggalan di rumah saat bepergian dan ketika dalam perjalanan tiba-tiba butuh uang. Dan banyak faktor lain dari hutang piutang.

Ketika sering berhutang, maka tanggungan akan menumpuk. Seperti pepeatah: Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Atau langsung hutang banyak dan berkali-kali. Bukit demi bukit lama-lama akan menjadi gunung. Gunung demi gunung lama-lama akan ... teruskan sendiri.

Kebiasaan berhutang tidak masalah jika pelunasannya tepat waktu. Jika tidak, besar kemungkinannya untuk lupa pada hutangnya. Aduh payah nih. Karena jika sampai mati belum melunasi akan membahayakan dirinya sendiri. Hutang sedikit saja bisa menghalangi seluruh pahala, apalagi banyak? Oleh karena itu jika merasa punya hutang pada yang lain segera lunasi.

Terkadang saking banyaknya atau saking lamanya hutang tak dibayar. Orang lupa dengan jumlah berapa jumlah hutangnya. Dan ketka ditanyakan pada yang memberi piutang, jawabannya juga lupa akan jumlahya.

Pertanyaan: Bagaimanakah cara melunasi hutang yang tak jelas jumlahnya?

Jawaban: Membayar sebesar jumlah yang diyakini. Namun bukan asal yakin, tapi harus diingat-inat betul dengan seksama. Bahkan semisal ada ingatan banyak, sebaiknya memilih nominal yang paling besar.

Nah, sekian informasi yang dapat Kami sampaikan seputar Melunasi Hutang Yang Tak Jelas Jumlahnya. Semoga bermanfaat dunia akhirat, amin.

Sumber keterangan:

Al Asybah wa al Nadlo’ir, juz 1, hal 123

Posting Komentar untuk "#KonsultasiSyariah | Ini Cara Melunasi Hutang yang Tak Jelas Jumlahnya"

close
Banner iklan disini